Blog Mengulas Seputar Fashion, Kecantikan, Tips, Kesehatan, Kuliner, Lifestyle, Elektronik, Olahraga, Otomotif, Pets, Teknologi, Wisata dan Lain - Lain Terupdate

Sebelum Bayar Pajak Online, Yuk Kenali Tahapannya

Pajak merupakan sumber utama pendapatan negara yang dibayar masyarakat, saat ini pemerintah memfasilitasi bayar pajak online bagi wajib pajak. Dahulu Anda harus pergi ke KPP terdekat untuk membayar pajak, kini bisa dibayarkan secara online salah satunya melalui e-Billing. 

Pengertian Aplikasi Bayar Pajak Online e-Billing

Salah satu program buatan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) adalah e-Billing, jadi wajib pajak membayarkan pajaknya secara online atau elektronik. Untuk membayar pajaknya, seseorang harus membuat kode billing atau ID billing terlebih dahulu. 

Saat ini, e-Billing hadir dengan penerapan sistem MPN G2 (Modul Penerimaan Negara Generasi Kedua). Sementara, sistem MPN G1 (Modul Penerimaan Negara Generasi Pertama) telah ditutup sejak 1 Juli 2016. 

Kehadiran e-Billing merupakan bentuk komitmen DJP untuk mengalihkan sistem manual menjadi sistem elektronik perpajakan. Selain memudahkan wajib pajak untuk membayar pajak, e-Billing juga mempermudah pegawai pajak menangani pembayaran kapan pun dan dimana pun. 

E-Billing juga dapat dipakai untuk berbagai KAP, KJS, serta NPWP sekaligus. Pembayaran pajak lebih instan dalam satu aplikasi serta lebih akurat, jadi tidak perlu repot mengantre di bank atau KPP. 

Tahapan Bayar Pajak Online melalui e-Billing

Hal yang harus Anda ketahui sebelum membayarkan pajak secara online, pastikan memiliki akun DJP online terlebih dahulu. Jika belum, silakan melakukan permohonan aktivasi Electronic Filing Identification Number (EFIN) terlebih dahulu, agar terdaftar pada DJP online. 

Permintaan aktivasi EFIN dapat Anda sampaikan lewat email KPP maupun KP2KP, bisa cek alamat emailnya melalui www.pajak.go.id/unit-kerja. Jika sudah terdaftar di DJP online, Anda bisa mengisi serta melaporkan SPT, setelah itu membayar pajak sesuai SPT. Berikut ini cara membayar pajak lewat e-Billing, sebagai berikut. 

Membuat Kode Billing
Gunakan perangkat seperti laptop, smartphone, tab, yang bisa terhubung dengan internet, setelah itu kunjungi www.pajak.go.id, dan pilih Login. Anda bisa mengisi NPWP pribadi, kata sandi, serta kode keamanan, setelah itu klik Login. 

Kemudian, Anda akan diarahkan menuju beranda DJP online, lalu pilih ikon bayar serta klik e-Billing. Setelah itu, data NPWP, nama, serta alamat akan terisi secara otomatis.

Silakan isi jenis pajak, jenis setoran, tahun pajak, masa pajak, jumlah setor, serta uraian, kemudian, klik buat kode billing. Setelah mengisi kode keamanan, nantinya ada preview isian yang bisa Anda cek lagi, jika sudah diperiksa lalu klik cetak. 

Membayar Pajak
Jika kode billing sudah tercetak maupun terunduh untuk pembayaran pajak pada jangka waktu yang telah ditentukan. Selanjutnya, Anda bisa melakukan pembayaran melalui ATM, teller bank, mini ATM/EDC, mobile banking, maupun internet banking. 

Manfaat Menggunakan e-Billing untuk Bayar Pajak Online
Ketika Anda sudah mengetahui cara membayar pajak melalui e-Billing, selanjutnya mencari tahu manfaat apa yang akan diperoleh. Dengan e-Billing, Anda bisa membayar berbagai pajak termasuk bayar pajak motor secara online, berikut ini ulasannya. 

Data Tersambung
E-Billing terhubung langsung dengan konfirmasi pembayaran pajak, dan lebih mudah serta efisien digunakan. Aplikasi ini terhubung langsung dengan aplikasi hitung Pph, PPN, e-Faktur, serta e-Filing, pada satu aplikasi. 

Jadi, Anda tidak perlu memasukan data yang sama secara berulang. Selain itu, kesalahan maupun error yang terjadi karena input data bisa dikurangi. 

Lebih Akurat
E-billing akan menyajikan data yang sesuai, serta meminimalisir kesalahan pada pencatatan transaksi yang dilakukan secara manual. Sistem canggih ini bisa diterapkan untuk pengisian KAP, KJS secara otomatis.

Pengisian tersebut didasarkan pada rekaman transaksi dalam aplikasi hitung Pph pasal 21, PPN Online Pajak, serta PPh Final 1%. Keakuratannya ini menjadikan e-billing lebih aman dan mudah.

Lebih Aman dan Real Time
Beberapa orang membayar biaya pajak dengan nominal cukup besar, sehingga hal itu bisa membahayakan jika dibawa ke kantor pajak. E-Billing bisa membuat transaksi lebih aman, dan terhindar dari kekhawatiran membawa uang dengan nominal besar. 

Data transaksi juga terekam dalam sistem DJP dan kas negara. Setelah itu Anda akan menerima BPN dan NTPN sah dari negara. 

Berikut adalah pembahasan mengenai manfaat serta tahapan bayar pajak online melalui e-Billing. Jika Anda masih merasa kesulitan, bisa mengunjungi website www.pajak.go.id atau menghubungi kring pajak 1500200.   

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Sebelum Bayar Pajak Online, Yuk Kenali Tahapannya