Blog Mengulas Seputar Fashion, Kecantikan, Tips, Kesehatan, Kuliner, Lifestyle, Elektronik, Olahraga, Otomotif, Pets, Teknologi, Wisata dan Lain - Lain Terupdate

Hal – Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Surat Lamaran Kerja Dalam Bahasa Inggris

Saat kita hendak melamar pekerjaan di sebuah perusahaan ataupun instansi biasanya kita akan diminta untuk melampirkan beberapa persyaratan seperti surat lamaran pekerjaan. Biasanya lampiran data yang diminta pun bukan hanya surat lamaran pekerjaan saja melainkan juga CV, bukti ijazah, dan masih banyak persyaratan tambahan lainnya.

Dari segala jenis persyaratan yang diajukan perusahaan tersebut nanti pihak perusahaan pun bisa melihat gambaran secara garis besar tentang orang yang melamar posisi pekerjaan tersebut. Dari persyaratan tersebut perusahaan akan mengetahui apakah orang yang melamar tersebut cocok untuk bekerja di posisi itu atau tidak.

Biasanya yang menerapkan sistem penerimaan seperti itu adalah perusahaan – perusahaan yang sudah memiliki manajemen yang baik. Namun lain halnya jika kamu melamar ke perusahaan besar atau ke perusahaan Multinasional karena biasanya syarat yang diajukan pun akan semakin sulit.

Salah satu contoh persyaratan yang diminta oleh perusahaan Multinasional seperti itu biasanya adlah CV ataupun surat lamaran yang dibuat dengan menggunakan bahasa Inggris. Mungkin hal ini terdengar mudah karena kita bisa melihat contoh surat lamaran kerja bahasa inggris di internet. Padahal kenyataanya untuk bisa menyiapakan hal tersebut tidak semudah itu, karena ada beberapa faktor yang harus diperhatikan.

Sebelum anda akan membuat surat lamaran pekerjaan, anda harus memperhatikan hal – hal ini terlebih dahulu :
1. Menggunakan tata bahasa yang tepat
Penggunaan tata bahasa yang tepay adalah kunci apakah surat lamaran yang kita ajukan dapat diterima oleh pihak Recruiter atau tidak. Biasakan saat anda menulis surat lamaran kerja gunakanlah bahasa yang sesuai tata bahasa yang benar sehingga pihak perusahaan mengerti dengan apa yang anda jelaskan dalam tulisan tersebut.

2. Hindari penggunaan kata yang tidak to the point
Saat anda menulis surat lamaran pekerjaan usahakan anda menggunakan kata atau kalimat yang to the point dan tidak bertele – tele. Sebisa mungkin anda harus bisa menjelaskan tentang diri anda dengan menggunakan kalimat yang lugas agar Recruiter yang membacanya fokus dan mendapatkan apa yang ingin anda sampaikan didalam surat lamaran tersebut.

3. Mencantumkan Data diri
Didalam surat lamaran yang baik anda juga harus mencantumkan data diri anda secara jelas. Hal – hal yang tidak boleh dilewatkan dalam pencantuman data diri adalah nama lengkap, alamat rumah, nomor telfon, dan alamat email. Hal – hal tersebut termasuk hal yang krusian karena nantinya jika tahapan akan berlanjut maka pihak perusahaan akan mencoba menghubungi anda lewat kontak tersebut.

4. Tuliskan pengalaman yang relevan
Khusus untuk anda yang sebelumnya sudah pernah memiliki pengalaman kerja maka anda diwajibkan untuk mencantunkannya didalam surat lamaran tersebut. Biasanya trik agar pihak recruiter tertarik dengan pengalaman kerja anda maka cantumkanlah pengalam kerja yang relevan dengan posisi yang anda inginkan saat ini.

5. Berikan alasan jelas terkait alasan memasuki perusahaan tersebut
Selain menuliskan pengalaman bekerja yang pernah anda rasakan sebelumnya, anda juga diharuskan untuk menuliskan alasan yang jelas mengapa anda layak untuk diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa sertakan apa yang anda bisa sebagai bukti bahwa anda memang kompeten untuk bisa menerima posisi tersebut.

6. Riwayat Pendidikan
Jangan lupa juga untuk menambahkan riwayat Pendidikan yang pernah anda jalani, nantinya riwayat Pendidikan tersebut juga akan menentukan posisi apa yang cocok untuk anda kerjakan. Selain itu juga untuk melihat apakah anda sudah sesuai dengan kualifikasi yang diberikan perusahaan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hal – Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Surat Lamaran Kerja Dalam Bahasa Inggris